BIPA UMM Ajak Mahasiswa Tinggal di Desa

Kamis, 12 Maret 2020 09:08 WIB   BIPA (BAHASA INDONESIA UNTUK PENUTUR ASING)

(Mahasiswa ketika dalam kegiatan bercocok tanam)

Apa jadinya bila mahasiswa dari pelbagai negara tinggal dan berdampingan langsung dengan masyarakat desa di Indonesia? Pengalaman tinggal di desa inilah yang diberikan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam rangka orientasi budaya kepada 17 mahasiswa BIPA.

Dalam program bertajuk “Indonesian Homestay”, mahasiswa asing diajak menginap selama sepekan di keluarga Indonesia yang berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu, tepatnya di Karya Bunda Community (KBC). Kegiatan kali ke-dua ini, diikuti oleh 17 mahasiswa asing yang merupakan mahasiswa BIPA tersebut dan akan dibagi untuk tinggal di 9 keluarga asuh.

“Di sana, mereka akan hidup berdampingan menjalani kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar yang mayoritas sebagai petani sayur, buah, dan bunga. Serta akan belajar real live dengan keluarga Indonesia,” ujar Dr. Arif Budi Wurianto, M.Si., Kepala BIPA UMM.

Serangkaian kegiatan akan dilakukan oleh ke 17 mahasiswa asing tersebut. Diantaranya, menanam jeruk, membatik di kampung batik, senam, bank sampah, wisata jeruk, dan juga mengajar di SMP Raden Fatah. Dengan kegiatan ini, mahasiswa asing diharapkan dapat mengenal, mendapat pengalaman dan pengetahuan secara langsung budaya dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia.

Tidak hanya budaya dan sosial, program ini sekaligus menjadi kesempatan bagi mahasiswa BIPA untuk mempraktikkan keterampilan dalam berbahasa Indonesia. Terlebih mereka telah mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia selama kurang lebih 5 bulan di BIPA UMM.

“Tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat berharga dan berbeda bagi mereka.  Mereka akan mencoba menjadi petani, ikut gotong royong dan hal-hal yang dilakukan orang desa. Setiap harinya mereka akan membut diary kegiatan dan diakhir akan menulis teks kehidupan di Indonesia,” ujar Arif.

Program ini merupakan pengembangan dari program beasiswa Darmasiswa yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia untuk orang asing yang negaranya mempunyai hubungan diplomatik dengan negara Indonesia.

Shared: